Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial Siswa Sub Tema 2 Permasalahan Di Lingkungan Sosial Kelas III SD Negeri 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial Siswa Sub Tema 2 Permasalahan Di Lingkungan Sosial Kelas III SD Negeri 031 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial Siswa Sub Tema 2 Permasalahan Di Lingkungan Sosial Kelas III SD Negeri 031 Tarakan

Pengarang : Dekky Hermawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial Siswa Sub Tema 2 Permasalahan di Lingkungan Sosial Kelas III SD Negeri 031 Tarakan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan (dibimbing oleh Kadek Dewi Wahyuni Andari, M.Pd dan Mety Toding Bua, M.Pd). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran big book pada tematik materi tema 4 peduli lingkungasn sosial sub tema 2 permasalahan di lingkungan sosil. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan. Model penelitian menggunakan Research and development yang dimodifikasi oleh Borg and Gall. Tahapan penelitian dan pengembangan ini terdapat 10 tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, lembar validasi dan kusioner respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran big book pada tematik materi tema 4 peduli lingkungan sosial sub tema 2 permasalahan di lingkugan sosial sangat layak ditinjau dari hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 2,8 dengan persentase 70%, hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 2,7 dengan persentase 67,5%, hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 3,6 dengan persentase 85%, dan hasil kusioner respon siswa pada uji coba pemakaian mencapai persentase 100%. Berdasarkan perolehan skor rata-rata dan persentase yang diperoleh maka media pembelajaran big book pada materi peduli lingkungan sosial, dikatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Big Book, SD Negeri 031 Tarakan

The purpose of the research was to produce a big book learning media on thematic material on theme 4 caring for the social environment, sub theme 2 problems in the social environment. The type of the research was research and development. The research used research and development, namely: (1) potential and problems, (2) information collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product tested, (7) product revision, (8) usage tested, (9) product revision, (10) Dissemination dan Implementation. The data collection techniques were interview, observation, validation sheet and student response questionnaire. The result of the research showed that the development of big book learning media on the thematic material of the theme 4 caring for the social environment sub theme 2 problems in the social environment was very feasible in terms of the result of the validation of mediae experts obtained an average score of 2.8 with a percentage of 70%, the results of material expert validation were obtained an average score of 2.7 with a percentage of 67.5%, the results of the validation of linguists obtained an average score of 3.6 with a percentage of of 85%, and the results of the student response questionnaire in the use trial reached a percentage of 100%. Based on the average score and the percentage obtained, the big book learning media on caring for the social environmental material was feasible to use. Keywords: Research and Development, Big Book Learning Media, SD Negeri 031 Tarakan

Detail Informasi