
Efektivitas Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMPN 4 Tarakan
Pengarang : Exnoni Sri Dayu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design yaitu experiment semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Serta Respon Siswa Terkait penggunaan Media pembelajaran Quipper School di SMPN 4 Tarakan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grorup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SPMN 4 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tarakan, dengan jumlah sampel 30 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Instrument penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar sistem pernapasan dan angket respon siswa dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferansial parametris menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima, yakni penggunaan media pembelajaran Quipper School efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Tarakan. Berdasarkan analisis angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata persentase yaitu 80,29% yang berarti siswa memiliki respon positif terkait penggunaan media pembelajaran Quipper School.
Kata Kunci : Efektivitas, Hasil Belajar, dan Quipper School
This research is a pre-experimental design, namely quasi-experimental, which aims to determine the effectiveness of Quipper School on student learning outcomes in science subjects and related student responses to learning media Quipper School at SMPN 4 Tarakan. The research design used is the One Group Pretest-Posttest Design. This research was conducted at SMPN 4 Tarakan. The population in this study were students of class VIII SMPN 4 Tarakan, with a sample of 30 students selected using the cluster random sampling technique. This research instrument is the test of respiratory system learning outcomes and student response questionnaires with a Likert scale. The data analysis technique uses a parametric inferential statistical analysis using a paired sampel t-test. Based on inferential statistical analysis using SPSS, a significant value of 0.000 < 0.05 was obtained, which means Ha was accepted, namely the use of Quipper School effective on student learning outcomes in science subjects at SMPN 4 Tarakan. Based on the student response questionnaire analysis, the average percentage value is 80.29%, which means that students have a positive response regarding using Quipper School. Keywords: Effectiveness, Learning Outcomes, and Quipper School