Deskripsi Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 002 Pujungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 002 Pujungan

Deskripsi Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 002 Pujungan

Pengarang : Petrus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan implementasi Kurikulum 2013 di SDN 002 Pujungan, dimana sekolah tersebut baru menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2019/2020. Selain baru menerapkan Kurikulum 2013, berada di daerah pelosok dan terpencil tentu membuat sekolah ini menghadapi berbagai kesulitan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di SDN 002 Pujungan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN 002 Pujungan. Fokus penelitian ini adalah kesulitan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di SDN 002 Pujungan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu Guru Kelas I dan IV. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 seperti kesulitan dalam mendapatkan pelatihan dan pedoman pelaksanaan, kesulitan akan sarana dan prasarana, kesulitan membuat media, kesulitan dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik, dan kesulitan dalam menguasai IT muncul dan dialami oleh guru SDN 002 Pujungan. Hal ini disebabkan lokasi tempat sekolah yang merupakan daerah pelosok dan terpencil.

Kata Kunci: Kesulitan, Guru, Implementasi, Kurikulum 2013

This research departed from problems of implementing the 2013 Curriculum at the SDN 002 Pujungan, where the school has just implemented the 2013 Curriculum in the 2019/2020 academic year. In addition to just implementing the 2013 Curriculum, being in remote areas certainly makes this school face various difficulties. Therefore, this study aimed to describe the difficulties the teachers had in implementing the 2013 Curriculum. This descriptive qualitative research was carried out at the SDN 002 Pujungan. the focus of this research was the teachers’ difficulties in implementing the 2013 Curriculum at the SDN 002 Pujungan. The data were taken from the primary and secondary sources with informants of teachers from classes I and IV. Meanwhile, the data collection techniques were interviews, observation, and documentation. Qualitative data analysis was done through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the difficulties of teachers in implementing the 2013 Curriculum included in getting curriculum training and implementation guidelines, facilities and infrastructure, in making media, in the learning process, in implementing thematic learning, and in mastering IT. The school being in a remote area was the main reason of these difficulties. Keywords: Difficulties, Teacher, Implementation, 2013 Curriculum

Detail Informasi