
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Tema 4 Di SDN 005 Tarakan
Pengarang : Nurlia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV A dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada tema 4 di SDN 005 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Hasil Belajar (THB), lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas IV A di SDN 005 Tarakan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Pada siklus I diperoleh hasil belajar kognitif sebesar 58%, pada aspek afektif sebesar 31%, dan pada aspek psikomotorik sebesar 27%. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan hasil belajar aspek kognitif sebesar 88%, pada aspek afektif sebesar 73% dan pada aspek psikomotorik sebesar 77%. Meningkatnya hasil belajar siswa karena siswa mampu memahami materi pada tema 4, adanya perubahan sikap dalam bekerja sama pada diskusi kelompok, percaya diri dalam menyampaikan presentasi, dan lebih meningkatkan keterampilan siswa dalam mengomunikasikan hasil diskusi kelompok. Secara keseluruhan semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Tema 4
This study aimed at determining how to improve the learning outcomes of the class IV-A students of SDN 005 Tarakan by applying the Group Investigation (GI) type of cooperative learning model on theme 4. This Classroom Action Research (CAR) was carried out in 2 cycles with stages consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects consisted of 26 students. Data ware collected using the Learning Outcomes Test (THB) and affective and psychomotor assessment sheets. The results of this study showed that there was an increase in learning outcomes of class IV-A students at SDN 005 Tarakan with the application of the Group Investigation (GI) learning model. In the first cycle, cognitive aspects of learning ware 58%, the affective aspects ware 31%, and the psychomotor aspects ware 27%. In addition, the second cycle experienced an increase with the acquisition of learning outcomes in cognitive aspects by 88%, affective aspects by 73%, and the psychomotor aspects by 77%. Increased student learning outcomes were due to students’ability to understand the material on theme 4, there was a change in attitude in working together in group discussions, confidence in delivering presentations, and further improvement in student skills in communicating the results of group discussions. Overall, all aspects reached the indicators of success, so this research was said to be successful. Keywords: Group Investigation Learning Model, Learning Outcomes Theme 4