Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi AR Sains Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi AR Sains Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi AR Sains Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia

Pengarang : Muhammad Ariansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi AR Sains pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia yang berkualitas dilihat dari aspek kelayakan dan respon ketertarikan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan prosedural, yang melalui tahapan (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Rancangan Produk, Validasi Desain, Revisi Desain dan Uji Coba Terbatas). Penilaian prosedur dinilai oleh 2 ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 007 Tarakan dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang. Kriteria kualitas media pembelajaran yang baik memenuhi 2 aspek, sebagai berikut: aspek kelayakan dan aspek ketertarikan. Kriteria kualitas media pembelajaran aplikasi AR Sains pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia dilihat dari aspek kelayakan memperoleh skor sebesar 84,10% yang dikategorikan layak pada rentang presentase 76%-85%. Dari aspek ketertarikan sebesar 85,60% yang dikategorikan menarik dengan presentase 76%-85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi AR Sains layak digunakan dan menarik bagi siswa.

Kata Kunci: Penelitidan dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi AR Sains, Model Prosedural

This study aims to produce learning media in the form of AR Science applications in science subjects quality human digestive system material seen from the aspects of feasibility and response of student interest. This research is a Research and Development. The development procedure uses a procedural development model, which goes through stages (Potentials and Problems, Information Gathering, Product Design, Design Validation, Design Revision and Limited Trial). The assessment procedure was assessed by 2 experts, namely media experts and material experts. The subjects of this study were students of class V SDN 007 Tarakan with a total of 5 students. The criteria for the quality of good instructional media fulfill 2 aspects, as follows: the feasibility aspect and the aspect of interest. The criteria for the quality of learning media for the AR Science application in science subjects on the material of the human digestive system seen from the aspect of the feasibility of obtaining a score of 84.10% which is categorized as feasible in the percentage range of 76% -85%. From the aspect of interest, it is 85.60% which is categorized as attractive with a percentage of 76% -85%. Based on these results it can be concluded that the AR Sains application learning media is feasible and attractive to students. Keywords: Research and Development, Learning Media, AR Science Application, Procedural Model

Detail Informasi