Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan

Pengarang : Mardiana Risnawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan metode SQ3R pada siswa kelas IV-B di SDN 021 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, desain dalam penelitian ini secara umum terdiri dari 4 tahapan yang dilalui, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa sebanyak 28 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV-B di SDN 021 Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat dari permasalahan yang dapat teratasi seperti menetukan tokoh, ide pokok, isi cerita serta amanat yang terdapat di dalam teks cerita dan terjadi peningkatan pada setiap aspeknya. Pada penilaian kemampuan membaca pemahaman siklus I diperoleh persentase 64% siswa yang tuntas dengan diperoleh hasil tes kemampuan membaca pemahaman dengan rentan nilai (50 – 69) sebanyak 10 siswa atau sekitar 36%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentan nilai (70 – 89) sebanyak 18 siswa atau sekitar 64%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase 79% siswa yang tuntas dan diperoleh data dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentan nilai (50 – 69) sebanyak 6 siswa atau sekitar 21%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentan nilai (70 – 89) sebanyak 20 siswa atau sekitar 72%, siswa dengan tingkat akurasi nilai membaca pemahaman dengan rentan nilai (90 - 100) sebanyak 2 siswa atau sekitar 7%. Aspek kemampuan membaca pemahaman telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan kategori baik.

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Metode SQ3R, Penelitian Tindakan Kelas

The purpose of this study was to investigate how the reading comprehension ability of class IV-B students at SDN 021 Tarakan could be improved by applying the SQ3R method. This classroom action research was carried out in 2 cycles, the design consisted of 4 stages: planning, implementing, observing and reflecting. The research subjects were 28 students consisting of 16 male students and 12 female students. The results of this study indicated that the application of the SQ3R method was able to improve reading comprehension skills of class IV-B students at SDN 021 Tarakan. This was seen from the student's ability to solve problem such as determining the character, main idea, story content and mandate contained in the text of the story and there was improvement in every aspect of the assessment. In the first cycle, 64% of students achieved minimum completeness, with the test results show wing 10 students (36%) scored (50 - 69) and 18 students (64%) scored 70-89. In the second cycle there was an increase, namely 79% of students achieved completeness minimum, with the test result showing 6 students (21%) scored 50 – 69, 20 students (72%) scored 70-89, and 2 students (7%) scored 90-100. As the aspect of reading comprehension skills reached the indicators of success, this research can be said to be successful with a good category. Keywords: Reading Comprehension, SQ3R Method, Classroom Action Research

Detail Informasi