
Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Amidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21 For windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berada pada kategori sedang yaitu sebesar 45,45%. Kepercayaan diri berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 49,58%. Motivasi berprestasi dan kepercayaan diri memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Persamaan regresi menunjukkan Y=30,180+0,220X1+0,347X2 Hasil analisis pengujian koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel motivasi berprestasi dan kepercayaan diri memberikan konstribusi sebesesar 11,2 % terhadap prestasi belajar siswa.
This type of research is a correlation or relationship study that aims to determine the relationship between research variables. The population in this research is all students of class VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Data collection techniques in this study using questionnaires and documents. Data analysis techniques used to analyze data research results is multiple regression analysis with the help of software SPSS 21 For windows. The results of descriptive analysis of the research indicate that achievement motivation is in the medium category that is equal to 45.45%. Confidence is in the high category of 49.58%. Achievement motivation and self-confidence have relationship with student chievement class VIII SMP Negeri 8 Tarakan. The regression equation shows Y = 30,180 + 0,220X1 + 0,347X2. The result of coefficient determination analysis shows that the variable of achievement motivation and self confidence give contribution as big as 11,2% to student achievement.