Pemanfaatan Platform Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Potensi Lokal Di Kecamatan Mentarang | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Platform Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Potensi Lokal Di Kecamatan Mentarang

Pemanfaatan Platform Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Potensi Lokal Di Kecamatan Mentarang

Pengarang : Widya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan platform tiktok sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap potensi lokal dikecamatan mentarang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru biologi dan siswa kelas XII-IPA 1 yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian observasi berupa observasi partisipasi pasif dan dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik media platform tiktok yang digunakan oleh guru dan siswa sangat membantu dalam kegiatan proses pembelajaran online melalui penggunaan berbagai macam fitur yang tersedia pada platform tiktok diantaranya, fitur hastag, fitur komentar, fitur like, fitur musik, dan fitur teks yang dimanfaatkan dalam pembelajaran online untuk membantu dalam menyampaikan informasi materi pembelajaran. Sedangkan pemahaman siswa terhadap potensi lokal memiliki perbedaan. Sebelum pembelajaran pemahaman siswa terhadap potensi lokal sangat kurang, akan tetapi setelah pembelajaran dilakukan siswa dapat mengerti mengenai potensi lokal dan mengetahui berbagai jenis potensi lokal yang terdapat dikecamatan mentarang.

Kata Kunci : TikTok, Media Pembelajaran, Potensi Lokal

the purpose of the study was to describe the use of the TikTok platform as a learning media to increase students׳ understandingof local potentials in the district of Mentarang. This type of research used descriptive qualitative with a phenomenological approach. The data from this study were obtained through interviews with biology teachers and students of class XII-IPA 1 that became the main source of this research, then observation in the from of passive participation observations and documentation as supporting data from the interviews. The results showed that the characteristics of the TikTok platform media used by teachers and students were very helpful in online learning process activities through the use of various features available on the TikTok platform including the hashtag feature, comment feature, like feature, music feature, and text feature that is utilized in online learning to assist in conveying information on learning materials. Meanwhile, students׳ understanding of local potential was different. Before teaching learning, students lacked an understanding of the local potential, but after teaching the learning process, students can understand the local potential and know various types of local potential that existed in the district of Mentarang. Keywords: TikTok, Learning Media, Local Potential

Detail Informasi