
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas II SDN 013 Tanjung Selor
Pengarang : Fixi Chandra Tari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media permainan kartu kata pada tema 5 di SDN 013 Tanjung Selor. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil kemampuan membaca siswa kelas II SDN 013 Tanjung Selor dengan menggunakan media kartu kata. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 67% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 87% siswa yang tuntas. Meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa di karenakan siswa sudah mempunyai kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan untuk berusaha dengan dirinya sendiri. Secara keseluruhan semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Media Kartu, Kemampuan Membaca Permulaan
This study aimed at investigating whether using word card game could improve initial reading ability on theme 5 of second grade students at SDN 013 Tanjung Selor. This classroom action research (CAR) was carried out in 2 cycles with the following stages: planning, implementation, observation and reflection. The research subjects consisted of 15 students. Data were collected using a preliminary reading ability test. The results of this study showed that there was an increase in the students’ reading ability when they were taught using word card media. In the first cycle, the results of the initial reading ability test showed that 67% of the students reached the minimum accomplishment. In the second cycle, the number of students who reached the minimum accomplishment was 87%. The increase in the initial reading ability was because the students already had the ability, skills, and strength to work on their own. Overall, this research was successful because all aspects reached the indicators of success. Keywords: Card Media, Initial Reading Ability