
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Desy Damayanty - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovey Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3 SMA Hang Tuah Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian berupa tes pretest dan tes posttest sebanyak 5 butir soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan uji t yang dimana nilai t_hitung>t_tabel pada taraf signifikansi 5%, yang didukung dengan nilai rata-rata menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran
The research aims to describe the effect of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of XI MIA students of SMA Hang Tuah Tarakan. The research design was Quasi Experiment With a Nonequivalent Control Group. The population was all XI-grade students of SMA Hang Tuah Tarakan. The data analysis technique used a descriptive analysis technique and t-test. The results showed an influence of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of students of class XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan. The t-test calculation results where the value of tcount > ttable at a significance level of 5% which was supported by the average value, showed that using the discovery learning model was higher than the conventional learning model. Knowing the hypothesis testers and the average value of the two classes, it can be concluded that learning with the discovery learning model affects students’ mathematics learning outcomes in class XI MIA SMA Hang Tuah Tarakan. Keywords: Discovery Learning, Learning Outcomes, Learning Model