Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Gambar Pada Kelas VII SMP N 10 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Gambar Pada Kelas VII  SMP N 10 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018

Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Gambar Pada Kelas VII SMP N 10 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018

Pengarang : Aisah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media gambar pada kelas VII SMP N 10 Tarakan khususnya pada materi IPA tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII SMP N 10 Tarakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai klasikal siswa pada siklus 1 mencapai ketuntasan sebesar 79,31%, kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai klasikal siswa 89,66%. Nilai siswa secara klasikal yang diperoleh tersebut telah mencapai indikator ketuntasan yaitu 85%. Hasil pengamatan aktivitas guru mengajar 82,15 dengan kategori sangat baik dan hasil aktivitas siswa 84% berkategori sangat baik.

This study aims to improve the understanding of the concept of students withlearning model Direct Instruction aided by the image media in class VII of SMP N 10 Tarakan especially on science subject of academic year 2017/2018. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles. Each cycle consists of two meetings. Technique of collecting data in this research is test and observation. Based on the results of the research, the use oflearning model Direct Instruction assisted by image media can improve the understanding of science concept of VII students of SMP N 10 Tarakan. Result of research indicate that student classical value in cycle 1 reaches completeness equal to 79,31%, then in cycle 2 has increase with classical value of student 89,66%. Student grade obtained by the classic has reached indicator mask that is 85%. The result of observation of teacher activity teaching 82,15 with very good category and result of student activity 84% categorize very good.

Detail Informasi