Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I-B Di SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I-B Di SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I-B Di SDN 009 Tarakan

Pengarang : Riska Putri Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan metode suku kata pada siswa kelas I-B di SDN 009 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa sebanyak 28 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes lisan membaca permulaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode suku kata (syllabic method) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I-B di SDN 009 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 73%. Aspek membaca permulaan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan kategori baik.

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Suku Kata, Penelitian Tindakan Kelas

The purpose of this research is to improve the ability to beginning reading by applying syllabic method in grade I students at SDN 009 Tarakan. The type of this research uses classroom action research conducted in 2 cycles with designs or stages starting from planning, implementation, observation and reflection. The research subjects consisted of 28 students consisting of 16 male students and 12 female students. Data collection uses an oral reading test in the beginning. The result of this research indicates that the application of metode suku kata can improve the ability to start reading in grade I students at SDN 009 Tarakan. In the first cycle the initial reading ability test result were 65%. While the second cycle has increased, the result of the initial reading ability test by 73%. The aspect of beginning reading has reached an indicator of success, so that this research can be said to be successful in either category. Keywords: Beginning Reading, Syllabic Method, Classroom Action Research

Detail Informasi