
Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Di SMP Negeri 1 Lumbis Kabupaten Nunukan
Pengarang : Hendy Wirandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Layanan konseling individual merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang dilaksanakan untuk mengatasi berbagai macama masalah siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 1 Lumbis Kabupaten Nunukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan informan penelitian terdiri dari 4 orang diantaranya guru bimbingan dan konseling dan 3 orang siswa yang telah mendapatkan layanan konseling individual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 1 Lumbis dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu pra konseling dimana dalam tahap ini guru bimbingan dan konseling melakukan analisis kebutuhan siswa, menyusun RPL, serta menata ruang layanan; proses konseling dilakukan melalui perilaku attending, transisi pembicaraan, negosisasi kontrak layanan serta melaksanakan layanan melalui teknik dan pendekatan sesuai dengan masalah siswa; serta pasca konseling dimana dalam tahap ini guru bimbingan dan konseling menyusun laporan layanan konseling, serta melakukan monitoring perkembangan perilaku siswa dan melakukan evaluasi.
Kata Kunci: Layanan Konseling Individual
Individual counseling services include guidance and counseling that are carried out to overcome various kinds of student problems at school. This study aimed to determine the implementation of individual counseling services at SMP Neger I Lumbis, Nunukan Regency. This study uses qualitative research with a descriptive approach, and research informants consist of four people, including guidance and counseling teachers and three students who have received individual counseling services, Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion. The results obtained that the implementation of individual counseling services at SMP Negeri I Lumbis was carried out through 3 stages, precounseling, where in this stage, the guidance and counseling teacher analyzes student needs, prepares RPL, and organizes service rooms. The counseling process is carried out through attending to behavior, conversation transitions, negotiating service contracts, and carrying out services through techniques and approaches according to student problems. Moreover, postcounseling, where in this stage, the guidance and counseling teacher compiles reports on counseling services, monitors student behavior development and conducts evaluations. Keywords: Service, Individual Counselling