
Hubungan Suasana Kelompok Dengan Keterampilan Belajar Siswa Di SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Marini Noprianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui apakah terdapat hub-ungan antara suasana kelompok dengan keterampilan belajar siswa di SMPN 7 Tarakan. Penelitian ini didasarkan pada data hasil observasi awal dan hasil dari penyebaran skala pada siswa kelas VIII SMPN 7 Tarakan. Melalui suasana kelompok merupakan keadaan, saling menerima, saling mempercayai dan memiliki satu tujuan yang sama dalam suatu kelompok, sedangkan keterampilan belajar adalah suatu teknik yang baik dikuasai oleh siswa tentang materi belajar yang disampaikan oleh guru secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 siswa. Peneliti menggunakan skala suasana kelompok dan skala keterampilan belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan pearson correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara suasana kelompok dengan keterampilan belajar siswa di SMPN 7 Tara-kan dengan tingkat hubungan kuat yang berarti semakin tinggi suasana kelompok maka akan semakin tinggi pula keterampilan belajar siswa.
Kata Kunci: Suasana Kelompok, Keterampilan Belajar Siswa
This study aims to determine whether there is a relationship between group atmosphere and student learning skills at SMPN 7 Tarakan. This research is based on the data from the initial observations and the results from the scale distribution of the VIII grade students of SMPN 7 Tarakan. A group atmosphere is a situation of mutual acceptance, mutual trust, and the same goal as a group. At the same time, learning skills are a technique that students well master about learning material delivered by the teacher effectively and efficiently. This study uses a quantitative correlational approach. The population in this study is 240 students. The researcher used a group atmosphere scale and a learning skills scale. The sample in this study is 60 students who were taken using the purposive sampling technique Data analysis was performed using descriptive analysis and Pearson correlation. The results of this study indicate there is a relationship between group atmosphere and student learning skills at SMPN 7 Tarakan with a strong relationship level which means that the higher the group atmosphere, the higher the student's learning skills. Keywords: Group Atmosphere, Student Learning Skills