Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : ANGELIA INDRIANI - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Instrumen penelitian ini adalah soal tes yaitu berjumlah sepuluh soal uraian berpikir kritis terkait materi sistem pernapasan. Sampel penelitian adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-9 yang terdiri dari 32 siswa setiap kelas dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data di analisis menggunakan uji Wilcoxon Mann-Whitney, diperoleh hasil dengan nilai signifikansi 0,003, lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis.

This study sought to ascertain if the problem based learning (PBL) instructional paradigma had an effect on the eighth graders critical thinking abilities at the SMP Negeri 3 Tarakan. This study was conducted at SMP Negeri 3 Tarakan during the even semester of the 2021-2022 academic year, This type of research was quasi-experimental with pretest-posttest nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan Purposive sampling was used to choose the research sample, which included 32 students from classes VIII-I and VIII-9. The Wilcoxon Mann-whitney test was used to analyze the data, and when the findings were obtained with a significance value of 0.003, less than 0.05, Ha was accepted and H0 was rejected. This shows that the Problem Based Learning (PBL) learning model had an effect on the critical thinking skills of eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: Problem Based Learning (PBL) Model, Critical Thinking Skills

Detail Informasi