Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan

Pengarang : Niar Febriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa pada tema 5 subtema 1 Kelas III SD Negeri 006 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah peneitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada 2019/2020. Dengan populasi siswa kelas III SDN 006 Tarakan dan sampel yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas III A yang diberikan perlakuan. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan dengan bantuan Software SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukakan dari hasil korelasi diperoleh bahwa Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik mempunyai hubungan yang kuat terhadap keterampilan literasi sains siswa dengan hasil korelasi 0,644, koefisien determinasi sebesar 41,5 % dan pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 4,129 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df=26 di peroleh t table 2,063 berarti t hitung > t table.

Kata Kunci: Pembelajaran Literasi Sains, Keterampilan Literasi Sains

This study aims to determine the Effect of the Application of Scientific Based Science Literacy Learning Against Student's Literacy Skills on the theme of 5 sub-themes 1 Class III SD Negeri 006 Tarakan. This type of research is quasi experimental research conducted in 2019/2020. With a population of grade III students in SDN 006 Tarakan and the sample consisted of one class, namely class III A which was given treatment. The technique in taking the sample used is Purposive Sampling. The research data was processed with the help of SPSS V.21 for Windows software. The results of this study show that the correlation results obtained that the Effect of the Application of Scientific Based Literacy Learning has a strong relationship to students' scientific literacy skills with a correlation result of 0.644, a coefficient of determination of 41.5% and hypothesis testing obtained t count of 4.129 at a significant level α = 0.05 with df = 26 obtained t table 2.063 means t arithmetic > t table. Keywords: Science Literacy Learning, Science Literacy Skills

Detail Informasi