Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth And Dare Pada Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth And Dare Pada Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth And Dare Pada Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan

Pengarang : Nasrudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan truth and dare dan mengetahui kelayakan dan tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 1 komponen ekosistem kelas V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, lembar validasi dan angket ketertarikan siswa.
Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 84%, ahli media 85,7% dan praktisi 100%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba produk awal sebesar 98,6% dan uji coba pemakaian sebesar 99,6%. Hasil validasi ahli materi, ahli media dan praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan truth and dare sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket ketertarikan pada uji coba produk awal dan uji coba pemakaian menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran permainan truth and dare berada pada kategori sangat tertarik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Truth and Dare

This study aims to develop learning media for truth and dare games and find out the appropriateness and level of student interest in learning media developed in thematic learning theme 5 subtheme 1 ecosystem components class V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. The development model used refers to the development stage proposed by Sugiono. Data collection instruments used were, interviews, validation sheets and student interest questionnaires. The validation results obtained from material experts amounted to 84%, media experts 85.7% and practitioners 100%. The results of the student interest questionnaire on the initial product trial were 98.6% and the use trial was 99.6%. The results of the validation of material experts, media experts and practitioners indicate that the truth and dare game learning media are very appropriate to be used in the learning process. The results of the questionnaire of interest in the initial product trial and trial use show that the level of student interest in the truth and dare game learning media is in the very interested category. Keywords: Development, Learning Media, Truth and Dare Games

Detail Informasi