Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 001 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 001 Tarakan

Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 001 Tarakan

Pengarang : Jumriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 001 Tarakan. Penelitian ini berfokus pada peran kepala sekolah sebagai manager dalam implementasi kurikulum 2013 dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manager dalam implementasi kurikulum 2013. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengawas sekolah dan guru kelas..teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SDN 001 Tarakan telah menjalankan perannya sebagai manager dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran dengan berperan sebagai perencana kurikulum dan pembelajaran, berperan dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran serta berperan dalam evaluasi kurikulum dan pembelajaran. Selain menjalankan perannya sebagai manager kepala sekolah SDN 001 Tarakan juga telah melakukan beberapa upaya dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran berupa mengikutsertakan guru dalam pelatihan terkait kurikulum 2013 dan rutin melakukan pendampingan serta pembinaan terhadap guru yang ada di sekolah.

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum, SDN 001 Tarakan

This type of research uses qualitative research conducted at SDN 001 Tarakan. This research focuses on the headmaster's role and the efforts of the headmaster as a manager in the implementation of the 2013 curriculum. The source of the data in this research is primary data and secondary data with informants namely the headmaster, teachers, vice headmaster in curriculum, school supervisor, and the classroom teacher. Data collection techniques that used were interviews, observation and document study. And also using qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the headmaster of SDN 001 Tarakan had carried out his role as a manager in curriculum and learning management by acting as a curriculum and learning planner, playing a role in curriculum and learning implementation, also playing a role in curriculum and learning evaluation. In addition to carrying out his role as a manager, the headmaster of SDN 001 Tarakan also made several efforts in curriculum and learning management in the form of involving teachers in training related to the 2013 curriculum and routinely providing assistance and guidance to the teachers in the school. Keywords: Headmaster’s Role, Curriculum Implementation, SDN 001 Tarakan

Detail Informasi