
Analisis Kendala Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Borneo Tarakan Di Era Pandemi Covid 19
Pengarang : Yusuf Sumar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala pembelajaran daring mahasiswa pendidikan biologi FKIP Universitas Borneo Tarakan di era pandemi covid-19. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 88 mahasiswa jurusan Pendidikan biologi angkatan 2018, 2019 dan 2020. Data diperoleh berdasarkan hasil kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh terkait kendala pembelajaran daring Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Borneo Tarakan di era pandemi covid-19 bahwa Pada aspek motivasi yang terindikasi kendala adalah pernyataan terkait mahasiswa merasa pembelajaran daring tidak fleksibel dari pada pembelajaran dikelas dengan kategori tinggi. Pada aspek bahan ajar yang terindikasi kendala adalah pernyataan terkait mahasiswa tidak tertarik pada bahan ajar pembelajaran daring dengan kategori tinggi. Pada aspek media pembelajaran yang terindikasi kendala adalah pernyataan terkait aplikasi media pembelajaran daring sulit diakses dengan kategori sedang. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran yang terindikasi kendala adalah pernyataan terkait pembelajaran daring menyulitkan mahasiswa dalam mengakses materi dengan kategori sedang. Pada aspek evaluasi pembelajaran yang terindikasi kendala adalah pernyataan terkait waktu, tempat dan biaya selama pembelajaran daring tidak efisien dengan kategori sedang. Berdasarkan dari beberapa aspek hasil penelitian sesuai dengan analisis yang telah dilakukan.
Kata Kunci: Kendala, Pembelajaran Daring, Covid-19.
The present study aimed at analysing the online learning constraints faced by the Biology Education students of teacher training and Education Faculty of Borneo Tarakan University in the era of the covid-19 pandemic. This study employed a descriptive qualitative on the 88 students majoring in Biology Education, the class of 2018, 2019, and 2020. The data were obtained by using a questionnaire and interview. The results of the research concerning the online learning constraints in the era of the Covid-19 pandemic were shown that, first, the motivational aspect indicated by the statements relating to students feeling that online learning was inflexible compared to face-to-face learning in classrooms was in the high category. Second, the aspect of learning materials implied by the statements relating to students not being interested in online learning materials was in the high category. Third, the aspect of learning media revealed by the statements relating to online learning media applications that were defficult to access was in the moderate category. Fourth, the aspect of learning implementation indicated by the statements relating to online learning that made the students difficult to access materials was in the moderate category. Lastly, the aspect of learning evaluation showed by the statements relating to time, place, and cost during online learning that was inefficient was in the moderate category. Keywords: Constraints, Online Learning, Covid-19 pandemic.