Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 024 Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 024 Tarakan

Pengarang : Risca Handayani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 2 subtema 1 kelas V SDN 024 Tarakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada semester ganjil TA 2019/2020. Dengan Populasi siswa kelas V SDN 024 Tarakan dan sampel yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas V A yang diberikan perlakuan. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan Software SPSS V.21 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukkan dari hasil korelasi diperoleh bahwa pengaruh model Problem Based Learnig (PBL) mempunyai hubungan kuat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,739, koefisien determinasi sebesar 54,6 % dan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,103 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df= 31 diperoleh ttabel 2,039 berarti thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 2 subtema 1 kelas V SDN 024 Tarakan.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

This study aimed to determine the effect of applying problem-based learning (PBL) model on critical thinking skills of theme 2 of subtheme 1 of fifth grade student at SDN 024 Tarakan. This quasi-experimental research was conducted in odd semester of 2019/2020. The research population was all the fifth-grade students of SDN 024 Tarakan. Using a purposive sampling technique, class V A was taken as the sample. The research data were processed with the help of SPSS V.21 for Windows Software. The results showed that the effect of PBL had a strong relationship to students’ critical thinking skills with a correlation coefficient of 0.739, and a coefficient of determination of 54.6% From the hypothesis testing, at a significant level (α) of 0.05. it was obtained calculated t value of 6.103, df of 3, and critical t value of 2.039. As the calculated t value was greater than the critical t value, it could be concluded that there was an effect of the application of PBL model on critical thinking skills of theme 2 subtheme 1 of fifth grade students at SDN 024 Tarakan. Keywords: Problem Based Learning (PBL) Model, Critical Thinking Ability

Detail Informasi