Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelas III A SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelas III A SDN 016 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelas III A SDN 016 Tarakan

Pengarang : Agustinawaty Lasau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match berbantuan Media Audio Visual pada siswa kelas III A SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian, 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu lembar penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III A SDN 016 Tarakan. Siklus I ketuntasan hasil Belajar siswa (Kognitif) 64%, siklus II menjadi 83%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (afektif) 88%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 100%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (Psikomotorik) 88%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 100%. Maka penelitian dikatakan sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA

The purpose of this study was to investigate if the use of cooperative learning model of index card match assisted by audio-visual media could improve science learning achievement of third grade students at SDN 016 Tarakan. This was a classroom Action Research (CAR) with 36 research subjects that consisted of21 male students and 15 female students. It was conducted in 2 cycles where in each cycle consisted of 2 meetings. The stages for each cycle were planning, action, observation, and reflection. the data obtained in this study were in the forms of cognitive, affective, and psychomotor assessment. The results showed that the use of cooperative learning model of index card match assisted by audio-visual media improved science learning achievement of third grade students at SDN 016 Tarakan. For cognitive learning accomplishment there was an increase from 64% in the first cycle to 83% in the second cycle. For affective learning accomplishment it was from 88% in the first cycle to 100% in the second cycle. For psychomotor learning accomplishment it was from 88% in the first cycle to 100% in the second cycle. It was concluded that this research met the indicators of success. Keywords: Audio Visual Media, Index Card Match, Cooperative Learning Model, Science Learning Outcomes

Detail Informasi