Penerapan Strategi Pemodelan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II Di SDN 020 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Strategi Pemodelan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II Di SDN 020 Tarakan

Penerapan Strategi Pemodelan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II Di SDN 020 Tarakan

Pengarang : Devi Nur Ajizah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menerapkan strategi pemodelan berbantuan media gambar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil TA 2019/2020. Dengan subjek penelitian yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemodelan berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN 020 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan menulis permulaan diperoleh data sebesar 63% siswa yang tuntas, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 41% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 44% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kemampuan menulis permulaan diperoleh data sebesar 81% siswa yang tuntas, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 85% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 78% siswa yang tuntas. Hasil penilaian tes kemampuan menulis permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga peneliti menghentikan siklus dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Strategi, Media, Kemampuan Menulis Permulaan

This study aimed at improving initial writing skills by applying modeling strategy aided by image media. This classroom action research was conducted in odd semester of 2019/2020, with research subjects consisted of 27 students. It was conducted in 2 cycles. The stage for each cycle were planning, acting, observing and reflecting. The result showed that the modeling strategy aided by image media could improve initial writing skills in the second grade students of SDN 020 Tarakan. There was an increase in the students initial writing ability from 63% of class accomplishment in the first cycle to 80% in the second cycle. In addition, improvement was also found in the affective aspect from 41% in the first cycle to 85% in the second cycle and in the psychomotor aspect from 44% to 78%. The research was stopped at the second cycle as the results of the students' initial writing ability had reached the set indicators of success. Keywords: Strategy, Media, Initial Writing Ability

Detail Informasi