
Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 051 Tarakan
Pengarang : Nisa Nur Adha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble berbantuan media kartu kata bergambar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil TA 2019/2020. Dengan subjek penelitian yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble berbantuan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 051 Tarakan. Siklus I sebanyak 36% dari jumlah keseluruhan siswa masuk dalam level pembaca mandiri, 23% dari jumlah keseluruhan siswa masuk dalam level membaca berkembang dan 41% dari jumlah keseluruhan siswa masuk dalam level membaca perlu bimbingan, siklus II mengalami peningkatan menjadi 77% dari jumlah keseluruhan siswa masuk dalam level mandiri dan 23% dari jumlah keseluruhan siswa masuk dalam level pembaca perlu bimbingan. Siklus I ketuntasan penilaian aspek afektif afektif sebesar 50% mengalami peningkatan pada siklus II manjadi 72%. Siklus I ketuntasan penilaian aspek psikomotorik siswa sebesar 59% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78%. Hasil penilaian tes kemampuan membaca permulaan siswa, penilaian aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga peneliti menghentikan siklus dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Model, Media, Kemampuan Membaca Permulaan
This study aimed to improve students’ initial reading skills by applying a scramble learning model assisted by picture word card media. This classroom action research was conducted in odd semester of 2019/2020, with research subjects consisted of 22 students. It was conducted in 2 cycles. The stages for each cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The results showed that the scramble learning model assisted by picture word card media could improve the initial reading ability of the first grader students at SDN 051 Tarakan. Improvement was found in the total number of independent readers from 36% in the first cycle to 77% in the second cycle. Also, there was an increase in the affective aspect from 50% in the first cycle to 72 % in the second cycle and in the psychomotor aspect from 59% to 78%. The treatment was stopped as the results of students’ initial reading test, the affective aspect and the psychomotor aspect had reached the indicators of success. Keywords: Model, Media, Initial Reading Ability