Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 013 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 013 Tanjung Selor

Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 013 Tanjung Selor

Pengarang : Nurul Ain Audirah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 013 Tanjung Selor. Fokus pada peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa dan upaya yang dilakukan oleh guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru, pengawas sekolah dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 013 Tanjung Selor telah menerapkan perannya sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu menggunakan metode yang bervariasi seperti diskusi kelompok, demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan metode pembelajaran lainnnya. Menciptakan persaingan/kompetisi melalui pemberian tugas individu maupun berkelompok. Memberikan evaluasi berupa soal latihan dan ulangan harian, UTS dan UAS. Memberikan nilai/angka pada hasil beajar siswa. Memberitahukan hasil belajar siswa secara keseluruhan melalui pembagian nilai rapot. Memberikan hadiah kepada siswa yang mampu mencapai nilai tertinggi di kelas. Memberikan pujian kepada siswa, serta memberikan hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Selanjutnya, guru mampu menerapkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan baik yaitu menghubungkan bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan kebutuhan siswa seperti memberikan penjelasan yang disertai dengan contoh yang ada disekitar, menyesuaikan materi pelajaran dengan tingkat pengalaman dan kemampuan siswa disertai dengan contoh yang berkaitan dengan pengalaman yang pernah siswa alami sehingga memudahkan siswa memahami materi serta menggunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

Kata Kunci: Peran, Guru, Motivator, Minat, Belajar

This type of this research is qualitative research conducted at SDN 013 Tanjung Selor. Focus on the teacher's role as a motivator in increasing student interest in learning and the efforts made by the teacher as a motivator in increasing student interest in learning. The source of the data in this research is primary data and secondary data with informants, namely the principal, teachers, school supervisors and students. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that teachers at SDN 013 Tanjung Selor had implemented their role as motivators in increasing student interest in learning by using various methods such as group discussions, demonstrations, lectures, questions and answers, and other learning methods. Creating competition / competition through individual and group assignments. Provide evaluation in the form of practice questions and daily tests, midterm and final exam. Give a value / number on student learning outcomes. Notifying student learning outcomes as a whole through the distribution of report card grades. Give prizes to students who are able to achieve the highest grades in the class. Give praise to students, as well as provide penalties for not doing assignments. Furthermore, the teacher is able to apply the efforts made to increase student interest in learning well by connecting learning material to be taught with students' needs such as providing explanations accompanied by examples that are around, adjusting subject matter to the level of experience and ability of students accompanied by examples related with experiences that students have experienced so that makes it easier for students to understand the material and use various models and learning strategies that vary according to the material to be taught. Keywords: Role, Teacher, Motivator, Interest, Learning

Detail Informasi