Hubungan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malinau Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malinau Utara

Hubungan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malinau Utara

Pengarang : Ine Siska Apriliani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berbicara siswa dengan hasil belajar bahasa indonesia siswa SMP Negeri 1 Malinau Utara pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tergolong sebagai penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes penilaian keterampilan berbicara dan dokumen hasil belajar bahasa Indonesia kelas IX SMP Negeri 1 Malinau. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan rumus Pearson Product Moment. Menggunakan bantuan software SPSS version 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai tertinggi keterampilan berbicara siswa rata-rata sebesar 84 dan pada nilai hasil belajar bahasa Indonesia siswa yaitu rata-rata sebesar 88. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik uji korelasi Pearson Product Moment diperoleh r_Hitung= 0,791 dan r_Tabel dengan taraf signifikan 5% dan N = 28 sebesar 0,374 berarti (0.791≥0.374) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan serta berinterpretasi korelasi yang kuat dan tinggi antara keterampilan berbicara siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malinau Utara.

Kata kunci: Hubungan Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

This Study aims to determine the relationship between students' speaking skills and Indonesian language learning outcomes of students of SMP Negeri 1 Malinau Utara in the academic year 2021/2022. This research method uses quantitative methods and is classified as correlation research. The sampling technique in this study used a speaking skill assessment test and Indonesian language learning outcomes documents for class IX SMP Negeri 1 Malinau Utara. The data analysis technique in this study used statistical tests with the Pearson Product Moment formula. They are using software SPSS version 20.0 for windows. The results showed that the highest score of students' speaking skills was an average of 84 and the value of students' Indonesian learning outcomes was an average of 88. Based on the data obtained from the Pearson Product Moment statistical analysis, r count = 0.791 and r Table with a significant lebvel of 5% and N= 28 of 0.374 means (0.791>0.374), which means Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is a positive and significant relationship and a strong correlation between students' speaking skills and Indonesian language learning outcomes for class IX students of SMP Negeri 1 Malinau Utara. Keywords: Students Speaking Skills, Indonesian Language Learning Outcomes

Detail Informasi