
Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN 031 Tarakan
Pengarang : Rizki Fernanda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian ini dilakukan tiga kali uji coba dengan uji coba terbatas 6 siswa, uji coba lapangan utama 10 siswa dan uji coba lapangan operasional 20 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan pedoman wawancara guru, wawancara siswa, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran sistem peredaran darah manusia yang di peroleh dari angket validasi dan respon siswa sudah dikatakan layak.
Proses pengembangan media pembelajaran sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 031 Tarakan dilakukan melalui duabelas tahap penelitian dan pengembangan, yaitu : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) rancangan produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) pembuatan produk, 7) uji coba terbatas, 8) revisi produk 1, 9) uji coba lapangan utama, 10) revisi produk 2, 11) uji coba lapangan operasional, 12) revisi produk 3.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Pembelajaran, Media Pembelajaran
The purpose of this research is to develop learning media on human circulatory system material. This study uses a type of research and development. In this study three trials were conducted with limited trials of 6 students, 10 main field trials and 20 operational field trials for students. This research and development instrument uses teacher interview guidelines, student interviews, media expert validation questionnaires, material expert validation questionnaires and student response questionnaires. The results showed that the feasibility of human circulatory system learning media obtained from validation questionnaires and student responses was said to be feasible. The process of developing the human circulatory system learning media in class V SDN 031 Tarakan was conducted through twelve stages of research and development, namely: 1) potential and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation, 5) design revisions, 6) product manufacturing, 7) limited trials, 8) product revisions 1, 9) main field trials, 10) product revisions 2, 11) operational field trials, 12) product revisions 3. Keywords: Research and Development, Learning, Learning Media