Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SDN 009 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SDN 009 Tarakan

Pengarang : Lorensia Junarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dalam model pembelajaran inkuiri di kelas V-B SDN 009 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan di SDN 009 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 009 Tarakan berjumlah 30 siswa, laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai aspek kognitif siklus I sebesar 56,25% kemudian di siklus II meningkat sebesar 87,5%, Pada aspek afektif siklus I sebesar 50% kemudian di siklus II meningkat sebesar 84,375%,. Pada aspek psikomotorik siklus I sebesar 68,75% kemudian di siklus II meningkat sebesar 87,5%, Pada Motivasi belajar siklus I sebesar 62,5% kemudian di siklus II meningkat sebesar 84,375%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar, model Pembelajaran Inkuiri

The objective of this research was to improve the motivation and learning result of Science with The Implementation of inquiry aid audio visual learning model to improve the students learning result and student’s motivation at Fifth-B grade students of SDN 009 Tarakan. The result form that used in this result was a class action research was held in SDN 009 Tarakan on the second semester academic year 2018/2019. The research subject is the Fifth-B grade students of SDN 009 Tarakan as many as 32 students, 18 male students and 14 female students. The result of this research obtained the value the cognitive I of 28,125 % followed in II cycle increased by 75%, the on the affective I of 40,625% followed in II cycle increased by % 81, 25, The on the psychomotor I of 62,5 % followed in II cycle increased by 84,24 %, on the motivation to study the I of 62,5 % followed in II cycle increased by 84,375 %. Thus it can be said that research has succeeded and in accordance as those successes. Keywords: Learning Motivation, Learning result, Inquiry Aid Audio Visual Learning Model

Detail Informasi