
Deskripsi Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Kelas V A SDN 016 Tarakan
Pengarang : Dewi Putri Ayu Silviani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah deskripsi pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa kelas V A SDN 016 Tarakan dan Instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa kelas V A SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada tahun ajaran 2018/2019. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah merumuskan atau mempertegas tujuan-tujuan pengajaran, mengkaji kembali materi pengajaran berdasarkan kurikulum dan silabus mata pelajaran, serta menggunakan intstrumen tes. Namun pada menyusun alat-alat penilaian, Menggunakan hasil-hasil penilaian sesuai dengan tujuan penilaian, dan pada instrumen non tes guru belum melaksanakannya dengan baik. Adapun instrumen tes dengan alat penilaian teknik tes tertulis berbentuk uraian sedangkan pada instrumen non tes guru telah melakukan kegiatan non tes tetapi dalam melaksanakaknnya tidak disertai dengan pedoman yang jelas, seperti aspek-aspek afektif dan psikomotorik yang tidak disesuaikan dengan karakteristik materi.
Kata Kunci: Deskripsi Pelaksanaan, Penilaian, Hasil Belajar
The focus of this study is a description of the implementation of the assessment of learning outcomes of students of class V A SDN 016 Tarakan and the instruments used in the implementation of the assessment of learning outcomes of students of class V A Tarakan 016 SDN. The type of research used is descriptive qualitative research carried out at SDN 016 Tarakan in the 2018/2019 school year. Data sources in this study are primary data and secondary data. informants in the study were principals, class teachers, and students. Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that the teacher has formulated or strenghened the teaching objectives. reviewing teaching material based on curriculum and syllabus subjects and use test instruments. But in compling assessment tools, use the results of the assessment in accordance with the objectives of the assessment and the teacher’s non-test instruments have not applied them correctly. As for the test instrument with a written test discussion tool in theform of a description while the test instrument does not have the teacher carry out the test activities but in implementing it, such as affective and psychomotor aspects that are not adapted to material characteristics. Keywords: Implementation Description, Assessment, Learning Outcomes