
Analisis Rasa Nasionalisme Peserta Didik Daerah Perbatasan Di SDN 001 Kayan Hulu Kabupaten Malinau
Pengarang : Darmiaty - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah rasa nasionalisme peserta didik dan upaya guru menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik daerah perbatasan di SDN 001 Kayan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 001 Kayan Hulu Kabupaten Malinau pada tahun ajaran 2017/2018. Sumber penelitian menggunakan data primer dan data skunder dengan informan pengawas sekolah, kepala sekolah, guru kelas III, guru kelas V, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa nasionalisme peserta didik di SDN 001 Kayan Hulu masih rendah dilihat dari penggunaan Bahasa Indonesia belum tercapai sepenuhnya, pelaksanaan upacara bendera tidak pernah dilaksanakan di SDN 001 Kayan Hulu. Dan peserta didik belum seluruhnya dapat menghafal lagu-lagu kebangsaan. Dan dalam upaya guru menumbuhkan rasa nasionalisme peserta didik telah menerapkan beberapa metode yaitu metode bercerita dan bernyanyi, namun metode bersajak dan metode karya wisata belum diterapkan oleh guru karena kurangnya kemampuan guru dan sarana prasarana untuk menerapkan metode tersebut.
Kata Kunci: Nasionalisme, Peserta Didik, Daerah Perbatasan
The focus of this research is the sense of nationalism of students and the teacher's efforts to foster a sense of nationalism in border area students at Kayan Hulu Elementary School 001. The type of research used was qualitative descriptive conducted at SDN 001 Kayan Hulu Malinau District in the 2017/2018 school year. The source of research using primary data and secondary data with school supervisor informants, principals, class III teachers, fifth grade teachers, and students. Data collection techniques of this research are interviews, observation, and documentation with analysis of qualitative data using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the sense of nationalism of students in Kayan Hulu Elementary School 001 was still low as seen from the use of Indonesian Language that had not been fully achieved, the flag ceremony was never held at Kayan Hulu Elementary School 001. And not all students can memorize national songs. And in the efforts of teachers to foster a sense of nationalism, students have applied several methods, namely the method of storytelling and singing, but the method of poetry and methods of tourism has not been applied by the teacher because of the lack of teacher ability and infrastructure to implement the method. Keywords: Nationalism, Students, Border Areas