Perbandingan Metode Suku Kata Dan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Di SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Metode Suku Kata Dan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Di SDN 024 Tarakan

Perbandingan Metode Suku Kata Dan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Di SDN 024 Tarakan

Pengarang : Rismawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan Metode Suku Kata dan Metode Eja berbantuan Media Kartu Kata Siswa Kelas II SDN 024 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Populasi penelitian ini siswa kelas II SDN 024 Tarakan dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas II D sebagai kelas eksperimen dan kelas II C sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan Software SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan Metode Suku Kata dan Metode Eja Berbantuan Media Media Kartu Kata. Hasil uji Independent Sample T-test pada kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh thitung = 0,045 pada taraf signifikasi 0,05 dan df= 53, diperoleh ttabel = 2,01 berarti thitung ? ttabel.

Kata Kunci: Metode Suku Kata, dan Metode Eja, Berbantuan Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca Permulaan

This study aims to determine differences in student’s initial reading skills by Applying the Syllable Method aided and Spell Method by Word Card Media for Class II at SDN 024 Tarakan. The type of this research is quasi-experimental research. This research was conducted in August 2019. With a population of class II of SDN 024 Tarakan and the sample consisted of two classes, namely class II D as an experimental class and class II C as a control class. The technique in taking the sample used is Random Sampling. The research data were processed with the help of SPSS V.21 for Windows Software. The results showed that there were no differences in the results of the ability to read the beginning by applying the Syllabic Method and Spell Method Assisted Media Media Card Word. The results of the Independent Sample T-test on student’s initial reading ability were obtained tcount = 0.045 at the significance level of 0.05 and df = 53, obtained ttable = 2.01 means tcount ? ttable. Keywords: Syllable Method, Spell Method, of Word Card Media Assistance, Beginning Reading Ability

Detail Informasi