Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Wahida Sofiatur Rahma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes The Group Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah matematika (TKPMM), wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara subjek dengan gaya kognitif FI dan subjek dengan gaya kognitif FD. Subjek dengan gaya kognitif FI disetiap soal mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah Polya dengan baik yaitu mampu memahami masalah, mampu merencanakan penyelesaian, mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan mampu memeriksa kembali. Subjek dengan gaya kognitif FD disetiap soal belum mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah Polya yaitu subjek FI tidak mampu memahami masalah pada soal, tidak mampu merencanakan penyelesaian, tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak mampu memeriksa kembali hasil perhitungan.

Kata Kunci: Kemampuan, Pemecahan Masalah Matematika, dan Gaya Kognitif

The study aimed to describe students’ mathematical problem-solving abilities in terms of Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) cognitive styles. The type of research was descriptive qualitative. The research was conducted at SMP Negeri 4 Tarakan. The data collection was conducted using the Group Embedded Figure Test (GEFT), mathematical problem-solving ability test (TKPMM), interviews, and documentation. Qualitative data analysis was carried out during the data reduction stage, the data presentation stage, and the conclusion/verification stage. The results showed that there were differences in mathematical problem-solving abilities between subjects with FI cognitive style and subjects with FD cognitive style. The subjects with the FI cognitive style in each question were able to fulfill all indicators of Polya’s problem-solving ability well, namely being able to understand the problem, to plan a solution, to carry out a settlement plan, and to re-examine. The subjects with FD cognitive style in each question have not been able to meet Polya’s problem-solving ability indicators because the FD subjects was unable to understand the problem in the tests, to plan a solution, carry out a settlement plan, and re-examine the calculation results. Keywords: Ability, Mathematical Problem Solving, and Cognitive Style

Detail Informasi