
Analisis Kesulitan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Ikhlas Nunukan
Pengarang : Gladis Fannur Permata Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematikan berdasarkan prosedur newman. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan jenis kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman pada kelas IX MTs Al-Ikhlas Nunukan dan Mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman pada kelas IX MTs Al-Ikhlas Nunukan. Penelitian melibatkan 33 siswa kelas IX MTs Al-Ikhlas Nunukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan 6 subjek untuk diwawancarai. Data dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan faktor penyebab berdasarkan prosedur newman. Berdasarkan hasil penelitian: 1) terdapat 4 jenis kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kesulitan memahami masalah, kesulitan transformasi, kesulitan ketrampilan proses dan kesulitan penulisan jawaban akhir; 2) Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu kurang teliti, kurang hati-hati dan terburu-buru dalam menjawab soal cerita yang diberikan, dan tidak dapat melakukan proses perhitungan dengan baik dan benar.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Soal Cerita, dan Prosedur Newman
This background of research was the difficulties of students in solving math story problems based on the Newman procedure. This study aims to describe the types of learning difficulties in solving math story problems based on Newman's procedure and what factors cause students to have learning difficulties in solving math story problems based on Newman's procedure in class IX of MTs Al-Ikhlas Nunukan. The study involved 33 students of class IX MTs Al-Ikhlas Nunukan. Data collection techniques used were tests and interviews with 6 subjects to be interviewed. The data were analyzed qualitatively to describe students' difficulties in solving story problems and the causal factors based on the Newman procedure. Based on the results of the study: 1) there are 4 types of learning difficulties in solving story problems, namely difficulty understanding the problem, difficulty in transformation, difficulty in processing skills, and difficulty in writing the final answer, 2) Factors causing students to have learning difficulties in solving math story problems are less thorough, less careful, in a hurry to answer the story questions given, and cannot do the calculation process properly and correctly. Keywords: Student Learning Difficulties, Story Problems, and Newman Procedure