Pengembangan Media Pembelajaran Baju Cerna (Baca) Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Di SDN 008 Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Baju Cerna (Baca) Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Di SDN 008 Tana Tidung

Pengembangan Media Pembelajaran Baju Cerna (Baca) Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Di SDN 008 Tana Tidung

Pengarang : Dessy Putri Amelia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menghasilkan Media Pembelajaran Berupa Baju Cerna Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Dilihat Dari Aspek Kelayakan. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Dan Pengembangan (Reseach And Development). Prosedur Dalam Penelitian Ini Menggunakan Model Pengmbangan 4D (Four D) Yang Dimodifikasi Menjadi 3D, Yang Melalui Tahap (Define, Design, Develop). Penilaian Produk Dalam Penelitian Ini Dinilai Oleh Ahli Media, Ahli Materi, Ahli Praktisi, Respon Guru Dan Respon Siswa. Subjek Dalam Penelitian Ini Merupakan Siswa Kelas V Di SDN 008 Tana Tidung Dengan Jumlah Siswa Sebanyak 20 Orang.
Kelayakan Media Pembelajaran Baju Cerna (Baca) Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan, Ditinjau Dari Hasil Validasi Ahli Media 84% (Sangat Layak), Validasi Ahli Materi 80% (Layak), Validasi Ahli Praktisi 95% (Sangat Layak), Sehingga Aspek Kelayakan Ditinjau Dari Validasi Ahli Memperoleh Skor Kelayakan Sebesar 86,3% Yang Berada Dikategori Sangat Layak Pada Rentan 80%-100%, Kelayakan Media Ditinjau Dari Hasil Respon Guru 85,71% (Sangat Layak), Respon Siswa Ujicoba Terbatas 99,80% (Sangat Layak), Respon Siswa Ujicoba Lapangan 98,38% (Sangat Layak). Berdasarkan Hasil Yang Telah Dipaparkan Dapat Sisimpulkan Bahwa Media Pembelajaran Baju Cerna (Baca) Layak Untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Baju Cerna, Tema 3 Makanan Sehat SubTema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

This Study Aims To Produce Learning Media In The Form Of Indigestion On The Theme Of 3 Healthy Foods Sub-Theme 1, How The Body Processes Class V Food Seen From The Aspect Of Feasibility. The Type Of This Research Is Research And Development (Research And Development). In This Research Uses The Procedure Is The Modified 4D (Four D) Development Model To 3D, Which Goes Through Stages (Define, Design, Develop). Product Assessment In This Study Was Assessed By Media Experts, Material Experts, Expert Practitioners, Teacher Responses And Student Responses. The Subjects In This Study Were Fifth Grade Students At SDN 008 Tana Tidung With A Total Of 20 Students. Feasibility Of Learning Media Digestive Clothes (Read) In The Theme 3 Healthy Food Sub-Theme 1 How The Body Processes Food, Viewed From The Results Of 84% Media Expert Validation (Very Feasible), 80% Material Expert Validation (Feasible), Practitioner Validation 95% (Very Feasible ), So That The Feasibility Aspect In Terms Of Expert Validation Obtains A Feasibility Score Of 86.3% Which Is In The Very Feasible Category Of Vulnerable 80%-100%, The Feasibility Of The Media In Terms Of Teacher Response 85.71% (Very Feasible), The Response Of Students Is Limited 99.80% (Very Feasible), The Response Of The Field Trial Students Was 98.38% (Very Feasible). Based On The Results That Have Been Described, It Can Be Concluded That The Learning Media Of The Digest (Read) Shirt Is Feasible To Be Used In The Learning Process. Keywords: Development, Learning Media, Digestion, Theme 3 Healthy Food Sub-Theme 1 How The Body Processes Food

Detail Informasi