
Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Pada Tema 9 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN 005 Tarakan
Pengarang : Ella Umaniar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Yaitu Menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 9 Peserta Didik Kelas V A SDN 005 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian, 22 Peserta Didik Yang Terdiri Dari 11 Peserta Didik Laki-Laki Dan 11 Peserta Didik Perempuan. Penelitian Dilaksanakan Sebanyak 2 Siklus. Prosedur Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Yaitu Lembar Observasi Aktivitas Kegiatan Peserta Didik, Lembar Observasi Aktivitas Kegiatan Guru, Penilaian Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.
Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dapat Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 9 Peserta Didik Kelas V A SDN 005 Tarakan. Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Aspek Kognitif 45%, Siklus II Menjadi 77%. Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Aspek Afektif 45%, Siklus II Menjadi 77%. Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Aspek Psikomotorik 41%, Siklus II Menjadi 82%. Maka Penelitian Dikatakan Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Tema 9
The Purpose Of This Study Is To Apply The Team Assisted Individualization Learning Model To Improve Learning Outcomes Of Theme 9 Students Of Class A SDN 005 Tarakan. The Type Of Research Used Is Classroom Action Research (CAR). Research Subjects, 22 Students Consisting Of 11 Male Students And 11 Female Students. The Study Was Conducted In 2 Cycles. The Procedure For Each Cycle Is Planning, Action, Observation, And Reflection. The Data Obtained In This Study Were Observation Sheets Of Student Activity Activities, Observation Sheets Of Teacher Activities, Cognitive, Affective, And Psychomotor Assessments. The Results Of This Study Indicate That The Team Assisted Individualization Learning Model Can Improve The Learning Outcomes Of Students On The Theme 9 Students Of Class A SDN 005 Tarakan. Cycle I Completeness Student Learning Outcomes In The Cognitive Aspects Of 45%, Cycle II To 77%. Cycle I Completeness Student Learning Outcomes In The 45% Affective Aspects, Cycle II To 77%. Cycle I Completeness Of Student Learning Outcomes In Psychomotor Aspects 41%, Cycle II To 82%. Then The Research Is Said To Have Been Successful And In Accordance With The Indicators Of Success. Keywords: Team Assisted Individualization Learning Model, Learning Outcomes Theme 9