Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Pada Tema 5 Sub Tema 3 Kelas V SDN 007 Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Pada Tema 5 Sub Tema 3 Kelas V SDN 007 Nunukan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Pada Tema 5 Sub Tema 3 Kelas V SDN 007 Nunukan

Pengarang : Hasbiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Peneitian Ini Adalah Untuk Menghasilkan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Yang Layak Ditinjau Dari Uji Validasi Materi, Konstruk, Desain, Bahasa Dan Praktisi Serta Respon Siswa Setelah Mengikuti Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Pada Tema 5 Sub Tema 3 Kelas V-D SDN 007 Nunukan. Penelitian Ini Menggunakan Desain Penelitian Pengembangan Model 4-D Dibatasi Sampai 3 Tahap (3D): Pendefinisian (Define), Perancangan( Design), Pengembangan (Develop). Perangkat Pembelajaran Yang Dikembangkan Oleh Peneliti Berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Bahan Ajar Siswa. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Observasi, Kuesioner Atau Angket Dan Dokumentasi.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Mind Map Pada Tema 5 Sub Tema 3 Kelas V SDN 007 Nunukan Sangat Layak Ditinjau Dari Hasil Uji Validasi Materi, Konstruk, Desain, Bahasa Dan Praktisi Adalah Validasi Materi Memperoleh Rata-Rata Sebesar 3,70 Dengan Kriteria Sangat Baik, Validasi Konstruk Memperoleh Rata-Rata Sebesar 3,18 Dengan Kriteria Baik, Validasi Desain Memperoleh Rata-Rata Sebesar 3,55 Dengan Kriteria Sangat Baik, Validasi Bahasa Memperoleh Rata-Rata Sebesar 3,50 Dengan Kriteria Baik, Validasi Praktisi Memperoleh Rata-Rata Sebesar 3,60 Dengan Kriteria Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Uji Validasi Materi, Konstruk, Desain, Bahasa Dan Praktisi Secara Keseluruhan Menunjukkan Bahwa Perangkat Pembelajaran Memperoleh Skor Rata-Rata Sebesar 3,48 Dengan Kriteria Baik Sedangkan Respon Siswa Memperoleh Kriteria Sangat Baik.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Keterampilan Proses, Mind Map

The Aim Of This Research Is To Produce Process Skill-Based Learning Tools Assisted By Mind Maps That Are Feasible In Terms Of Material Validation, Constructs, Design, Language And Practitioners As Well As Student Responses After Learning Activities Using Learning Tools Based On Mind Map-Assisted Process Skills On Theme 5 Sub Theme 3 Class VD SDN 007 Nunukan. The Type Of This Research Is A Research Design Development Of 4-D Models Limited To 3 Stages (3D): Define, Design (Develop). Learning Devices Developed By Researchers In The Form Of Syllabus, Lesson Plans, Student Worksheets And Student Teaching Materials. Data Collection Techniques Used Are Interviews, Observations, Questionnaires Or Questionnaires And Documentation. The Results Showed That The Development Of Learning Tools Based On Process Skills Approach Assisted By Mind Map In The Theme Of 5 Sub-Themes Of 3 Classes V SDN 007 Nunukan Was Very Feasible In Terms Of The Results Of Material Validation, Constructs, Designs, Languages And Practitioners. Material Validation Obtained An Average Of 3,70 With Very Good Criteria, Construct Validation Obtained An Average Of 3.18 With Good Criteria, Design Validation Obtained An Average Of 3.55 With Very Good Criteria, Language Validation Obtained An Average Of 3.50 With Good Criteria, Practitioner Validation Gets An Average Of 3.60 With Very Good Criteria. Based On The Results Of The Material, Construct, Design, Language And Practitioner Validation Tests As A Whole Show That The Learning Device Obtained An Average Score Of 3.48 With Good Criteria While The Students' Responses Obtained Very Good Criteria. Keywords: Learning Tools, Process Skills Approach, Mind Map

Detail Informasi