
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-A SDN 003 Tarakan
Pengarang : Siska Dwi Septanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Menerapkan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-A SDN 003 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian, 37 Siswa Yang Terdiri Dari 20 Siswa Laki-Laki Dan 17 Siswa Perempuan. Penelitian Dilaksanakan 2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Prosedur Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Yaitu Lembar Observasi Aktivitas Guru, Penilaian Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-A SDN 003 Tarakan. Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa (Kognitif) 65% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 84%, Hasil Belajar Siswa (Afektif Dan Psikomotorik) Memperoleh Kategori Cukup Dan Pada Siklus II Hasil Belajar Afektif Meningkat Menjadi Kategori Baik Dan Hasil Belajar Psikomotorik Meningkat Menjadi Kategori Baik Sekali Hal Ini Dikarenakan Guru Melakukan Perbaikan Pada Siklus II Yaitu Dengan Memusatkan Perhatian Siswa, Memotivasi Dan Menggunakan Bahasa Yang Lebih Mudah Dimengerti Sehingga Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa.
Kata Kunci: STAD, Audio Visual, Hasil Belajar
The Purpose Of This Research Is To Apply Student Team Achievement Division Learning Models Assisted Audio Visual Media To Improve Learning Outcomes Of Social Education Students Of Class V-A SDN 003 Tarakan. The Type Of Research Used Is Classroom Action Research (PTK). Research Subjects, 37 Students Consisting Of 20 Male Students And 17 Female Students. The Study Was Conducted 2 Cycles Per Cycle Consisting Of 2 Meetings. The Roses Of Each Cycle Are Planning, Action, Observation, And Reflection. The Data Obtained In This Research Are Observation Sheet Of Teacher Activity, Cognitive, Affective, And Psychomotor Assessment. The Result Of The Research Shows That Student Team Achievement Division Learning Model Supported By Audio Visual Media Can Improve The Learning Outcome Of Social Education Students Of V-A Grade SDN 003 Tarakan. Cycle I Student Learning Outcomes (Cognitive) 65%, Student Learning Outcomes (Affective And Psychomotor) Get Enough Categories And After Making Improvements In The Second Cycle By Focusing Student Attention, Motivating And Using Language That Is Easier To Understand Can Improve Students Social Studies Learning Outcomes. Cycle II Of Cognitive Learning Outcomes Increased To 84%, Affective Learning Outcomes Increased To Good Categories And Psychomotor Learning Outcomes Increased To Excellent Categories. So Research Is Said To Have Been Successful And In Accordance With The Indicators Of Success. Keywords: STAD, Audio Visual, Learning Result