Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Dian Susilawati Ode - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan ditinjau dari kemandirian belajar matematika tingkat tinggi, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan ditinjau dari kemandirian belajar matematika tingkat rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peserta didik dengan kategori kemandirian belajar tinggi dapat menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik dan memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah, (2) peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah belum mampu menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Peserta didik pada kategori ini dapat memenuhi indikator memahami masalah namun belum memenuhi indikator pemecahan masalah lainnya.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Matematika

This type of research is qualitative with a descriptive appoach. This study aims to describe the mathematical problem-solving abilities of seventh-grade students of SMP Negeri 1 Tarakan in terms of high-level mathematics learning independence and to describe the mathematical problem-solving abilities of seventh-grade students od SMP Negeri 1 Tarakan in terms of learning low-level independence math. Data were collected using questionnaires, tests, interviews, and documentation. The analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that (1) student in the high learning independence category completed the mathematical problem-solving ability test well and fulfilled all problem-solving indicators, and (2) students in the low learning independence category had not completed the mathematical problem-solving ability test well. Student in this category can meet the indicators of understanding the problem but have not met other problem-solving indicators. Keywords: Problem-Solving Ability, Independent Learning, Mathematics

Detail Informasi