Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Pemberian Penguatan Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 045 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Pemberian Penguatan Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 045 Tarakan

Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Pemberian Penguatan Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 045 Tarakan

Pengarang : Candra Wirawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Yang Dilaksanakan Di SDN 045 Tarakan Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Pemberian Penguatan Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 045 Tarakan Dan Mengetahui Usaha-Usaha Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 045 Tarakan.
Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Guru Memberi Penguatan Verbal Berupa Kata-Kata Bagus, Benar, Tepat Dan Baik. Memberi Penguatan Gestural Berupa Acungan Jempol. Memberi Penguatan Sentuhan Berupa Mengusap Kepala Dan Berjabat Tangan. Hasil Penelitian Kedua Menunjukkan Bahwa Guru Memotivasi Siswa Dengan Memberi Angka Berupaa Nilai Siswa. Memberi Motivasi Siswa Dengan Memberi Ulangan Berupa Ulangan Harian. Memberi Motivasi Dengan Hukuman Berupa Membersihkan Halaman Sekolah Dan Tugas Tambahan. Namun Guru Jarang Memberi Hadiah Sebagai Bentuk Motivasi.

Kata Kunci: Penguatan, Usaha, Pembelajaran

The type of research used the qualitative descriptive approach is implemented in the SDN academic year Tarakan 045 2017/2018. The purpose of this research is to know the application of basic skills taught through the granting of strengthening the study of mathematics class V SDN 045 Tarakan and know the teacher's efforts in arousing the learning motivation of students in learning mathematics class V SDN 045 Tarakan. The results of this study showed that teachers give verbal reinforcement in the form of the words good, righteous, and good. Augmentation gestural form of thumbs up. Augmentation of touch be rubbed his head and shaking hands. The second research results indicate that teachers motivate students by giving it a numeric value of berupaa students. Give students motivation by giving it the form of a repeated repeat daily. Give a motivation to be cleaning up the schoolyard and additional tasks. However, teachers rarely give gifts as a form of motivation. Key Words: Reinforcement Learning, Effort

Detail Informasi