
Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup Dalam Ekosistem Kelas V-B SDN 007 Nunukan
Pengarang : Risma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Ditinjau Dari Validasi Ahli Materi, Media, Bahasa, Dan Praktisi Serta Respon Guru Dan Respon Siswa. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Pengembangan (Research And Development). Model Pengembangan Media Yang Digunakan Oleh Peneliti Yaitu Model Perangkat 4-D Modifikasi Yang Dilakukan Hanya Sampai 3-D Yang Terdiri Dari Define, Design, Dan Develop. Media Pembelajaran Yang Dikembangkan Oleh Peneliti Berupa Media Monopoli. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Observasi, Kuesioner Atau Angket, Dan Dokumentasi.
Hasil Penelitian Ini Yaitu Menghasilkan Media Pembelajaran Monopoli Pada Tematik Tema 5 Ekosistem Sub Tema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Ditinjau Dari Validasi Ahli, Ahli Media, Ahli Materi, Ahli Bahasa Dan Praktisi Serta Ditinjau Dari Respon Guru Dan Respon Siswa. Media Pembelajaran Monopoli Termasuk Dalam Kriteria Sangat Layak. Hal Ini Berdasarkan Dari Keseluruhan Validasi Ahli Dengan Presentase 82%, Respon Guru 86%, Dan Respon Siswa 98%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli, Ekosistem
The Purpose Of This Research Was To Describe The Feasibility Of Monopoly Learning Media In Terms Of The Validation Of Material Experts, Media, Language, And Practitioners As Well As Teacher Responses And Student Responses. The Type Of Research Used Is Research And Development. The Media Development Model Used By Researchers Is A Modified 4-D Device Model That Is Only Up To 3-D Consisting Of Define, Design, And Develop. Learning Media Developed By Researchers In The Form Of Monopoly Media. Data Collection Techniques Used Are Interviews, Observations, Questionnaires Or Questionnaires, And Documentation. The Results Of This Study Are To Produce Monopoly Learning Media On Thematic Themes 5 Ecosystem Sub-Themes 2: The Relationship Between Living Things In The Ecosystem Is Viewed From The Validation Of Experts, Media Experts, Material Experts, Linguists And Practitioners And In Terms Of Teacher Response And Student Response Monopoly Learning Media Included In The Criteria Are Very Feasible. This Is Based On Overall Expert Validation With 82% Percentage, 86% Teacher Response, And 98% Student Response. Keywords: Learning Media, Monopoly, Ecosystem