Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 051 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 051 Tarakan

Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 051 Tarakan

Pengarang : Rohaya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Yaitu Menerapkan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 051 Tarakan. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Indikator Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Lembar Observasi Kegiatan Guru, Penilaian Aspek Kognitif (Tes Hasil Belajar), Aspek Afektif (Lembar Pengamatan) Dan Aspek Psikomotorik (Lembar Pengamatan).
Hasil Penelitian Menunjukkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dan Terjadi Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Sehingga Hasil Belajar Siswa Meningkat, Yaitu Dari Siklus I Ke Siklus II Terdapat Peningkatan, Pada Siklus I Jumlah Siswa Yang Tuntas Adalah 8 Siswa Atau 42%, Nilai Yang Tidak Tuntas Adalah 11 Siswa Atau 58%, Sedangkan Siklus II Terjadi Peningkatan Nilai Yang Tuntas Yaitu Menjadi 15 Siswa Atau 79% Terjadinya Peningkatan Sebesar 37%. Maka Penelitian Dikatakan Terdapat Peningkatan Di Siklus II Dan Keberhasilan Indikator Tercapai.

Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, IPA, SDN 051 Tarakan

The Purpose Of This Study Is To Apply The Application Of The Contextual Teaching And Learning Approach (CTL) To Improve The Fifth Grade Science Learning Outcomes Of SDN 051 Tarakan. This Type Of Research Is Classroom Action Research (CAR). Stages Of Each Cycle Are Planning, Action, Observation, And Reflection. The Indicators Used In This Study Are Observation Sheet Teacher Activities, Assessment Of Cognitive Aspects (Learning Outcomes Test), Affective Aspects (Observation Sheet) And Psychomotor Aspects (Observation Sheet). The Results Show That The Contextual Teaching And Learning (CTL) Approach Can Improve Learning Outcomes And There Is A Pleasant Learning Atmosphere So That Student Learning Outcomes Increase, Namely From The First Cycle To The Second Cycle There Is An Increase, In The First Cycle The Number Of Completed Students Is 8 Students Or 42% , The Value That Is Not Complete Is 11 Students Or 58%, While The Second Cycle Increases The Value That Is Complete, Which Is 15 Students Or 79% An Increase Of 37%. So The Study Said There Was An Increase In The Second Cycle And The Success Of The Indicator Was Achieved. Keywords: Contextual Teaching And Learning Approach, Learning Outcomes, Science, Public Elementary 051 Tarakan

Detail Informasi