Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir Tahun Pelajaran 2017/2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir Tahun Pelajaran 2017/2018

Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir Tahun Pelajaran 2017/2018

Pengarang : Adie Mechendri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru BK di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir pada tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 216 siswa. Berdasarkan jumlah populasi yang melebihi 100 orang, maka penelitian ini menggunakan 25% sampel dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengambilan sampelnya adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic deskriptif dengan mengunakan program SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap peran guru BK di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir tahun pelajaran 2017/2018 mencapai 41% atau berada pada kategori rendah. Pencapaian persentase pada setiap indikator juga berada pada kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari Indikator yang menunjukkan pandangan kredibilitas dan pribadi yang kuat mencapai 45% berada pada kategori rendah dan indikator menghargai dan menciptakan suasana yang baik dalam lingkungan mencapai 41% berada pada kategori rendah. Dengan demikian, dapat diketahui persepsi siswa terhadap peran guru BK di SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Guru BK

The objective of this research was to know how perception students to the role of guidance and counseling teacher of SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir in Academic Years 2017/2018. The research design used the researcher was survey research conducted in SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir in academic year 2017/2018. This research population was all students of SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir in the academic year 2017/2018 with 216 students. Based on the total population that exceeds 100 people, this study use 25% sample of the total population. The sampling technique a simple random sampling. Instrument of this research using likert scale model. Data analysis technique in this research were descriptive analysis with SPSS 22.0 for windows. The result of this study show that the students perception of the role of guidance and counseling teacher at SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir in the academic year 2017/2018 reached 41% or at the low category. Achievement of a percentage on each indicator are also at the low category. It could be seen from indicators that show the credibility and personal views that strong reaches 45% are in the low category and indicator appreciate and create good atmosphere in environment reaches 41% are in the low category. Therefore, it can be seen students' perception of the role of teacher of guidance and counseling at SMP Negeri 3 Tanjung Palas Ilir in the academic year 2017/2018. Keywords: Perception Students, The Role of Guidance and Counseling Teacher

Detail Informasi