Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Yuanita Priskantari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK) Yang Dilaksanakan Di SMA Negeri 3 Tarakan. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XII IPS 2 Yang Berjumlah 38 Orang Dengan Siswa Laki-Laki Berjumlah 15 Orang Dan Perempuan Berjumlah 23 Orang. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Siklus I Terdiri Dari 3 Kali Pertemuan Dan Siklus II Terdiri Dari 2 Pertemuan. Prosedur Pelaksanaan Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Instrumen Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Meliputi Angket Perencanaan Karir Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Dan Lembar Observasi Kegiatan Guru.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Tarakan. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Yang Diperoleh Pada Setiap Siklus, Pada Siklus I Rata-Rata Skor Aktivitas Guru Yaitu 79 Berada Dikategori Baik Dan Pada Siklus II Rata-Rata Aktivitas Guru Mengalami Peningkatan Yaitu Sebesar 16 Sehingga Rata-Rata Skor Menjadi 95 Dengan Berada Dikategori Sangat Baik. Selanjutnya Pada Aktivitas Siswa, Disiklus I Rata-Rata Aktivitas Siswa 70% Dengan Kategori Baik Dan Pada Siklus II Meningkat Sebanyak 10% Menjadi 80% Dengan Kategori Sangat Baik. Dilihat Dari Hasil Penelitian Tersebut, Maka Dapat Dikatakan Bahwa Perencanaan Karir Siswa Meningkat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan Yang Sudah Ditetapkan.

Kata Kunci: PTBK, Perencanaan Karir, Model Pembelajaran Discovery Learning

The Purpose Of This Research Is To Improve Career Planning Of XII Students At SMA Negeri 3 Tarakan With Discovery Learning Model. This Research Used Action Research Design Of Guidance And Counseling (PTBK) Conducted In SMA Negeri 3 Tarakan. The Subjects Of This Research Were The Students Of Class XII IPS 2 Which Amounted To 38 People With 15 Male Students And 23 Female Students. This Research Was Conducted In 2 Cycles, Cycle I Consisted Of 3 Meetings And Cycle II Consisted Of 2 Meetings. The Implementation Procedure Of Each Cycle Consists Of Planning, Action, Observation, And Reflection. The Instrument That Used In This Research Include Student Career Planning Questionnaire, Student Activity Observation Sheet, And Observation Sheet Of Teacher Activity. The Results Showed That By Using Discovery Learning Model Can Improve Career Planning Of Class XII Students In SMA Negeri 3 Tarakan. This Can Be Seen From The Results Obtained In Each Cycle, In The Cycle I Average Teacher Activity Score Is 79 Are Categorized Good And In Cycle II The Average Activity Of Teachers Has Increased That Is Equal To 16 So That The Average Score Becomes 95 By Being Categorized Very Good. Then On The Activity Of Students, On The Cycle I The Average Student Activity 70% With Good Category And On The Cycle II Increased By 10% To 80% With Very Good Category. Based On The Results, The Career Planning Was Improve By Discovery Learning Model And In Accordance With The Predetermined Success Indicators. Keywords: Action Research Of Guidance And Counseling, Career Planning, Discovery Learning Model

Detail Informasi