Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan

Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Yospina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Apakah Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Efektif Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Seberapa Efektif Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan.
Jenis Penelitian Ini Adalah Pendekatan Kuantitatif Yaitu Eksperimen. Penelitian Ini Menggunakan Desain Untreated Control Group Design With Dependent Pretest Dan Posttest. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 143 Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Tarakan Dan Sampel 20 Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik Dengan Skala Likert. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Statistik Deskriptif Dan Uji Hipotesis Menggunakan ANAVA CAMPURAN (Anava Mixed Design) Dengan Berbantuan Program SPSS 24.00 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Melihat Tabel Test Of Within – Subject Effect Diperoleh Nilai F=157.370 Dan Nilai P = 0,00 (P < 0,05) Dan Pada Tabel Pairwise Comparisons Menunjukkan Bahwa Pada Kelompok Eksperimen Signifikan (MD=-19.600; P < 0,05) Dan Pada Kelompok Kontrol Menunjukkan Bahwa Tidak Signifikan (MD=- 2.400; P > 0,05). Berdasarkan Hasil Pengelolaan Uji ANAVA CAMPURAN (Anava Mixed Design) Dengan Menggunakan SPSS 24.00 For Windows Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dapat Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA
Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi Akademik

The Formulation Of The Problem In This Study Is Whether Group Counseling With Self Management Techniques Is Effective To Reduce Students’ Academic Procrastination Behavior At Tarakan 3 Public High School. This Study Aims To Determine How Effective Group Counseling With Self Management Techniques Is To Reduce Students’ Academic Procrastination Behavior At Tarakan 3 Public High School. This Type Of Research Is A Quantitative Approach That Is Experiment. This Study Uses An Untreated Control Group Design With Dependent Pretest And Posttest Design. The Population In This Study Is 143 Class XI Students At SMA Tarakan And A Sample Of 20 Class XI Students In SMA Tarakan. Data Collection Methods In This Study Use The Scale Of Academic Procrastination With Likert Scale. Data Analysis Techniques In This Study Are Descriptive Statistical Techniques And Test Hypotheses Using MIXED ANAVA Assisted By SPSS 24.0 For Windows Program. Based On The Results Of The Study Before And After The Treatment, Obtained The Results Of Calculation Of Hypothesis Testing By Looking At The Table Subject Effect Obtained F Value = 157.370 And P Value = 0,00 (P < 0,05) And In The Table Pairwise Comparisons Shows That In The Experimental Group Is Significant (MD=19.600; P < 0,05) And In The Control Group Showed That Is Was Not Significant (MD=- 2.400; P > 0,05). Based On The Results Of Mixed Anova (Anava Mixed Design) Test Management Using SPSS 24.00 For Windows It Can Be Concluded That Group Counseling With Self Management Techniques Can Reduce Students’ Academic Procrastination Behavior At Tarakan 3 Public High School. Keyword: Group Counseling, Self Management, Academic Procrastination

Detail Informasi