Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pengarang : Tiya Apriliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Tarakan. Penelitian Ini Menggunakan Desain Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Quasi Eksperimen. Variabel Bebas Yaitu Teknik Biblioterapi Dan Variabel Terikat Yaitu Perencanaan Karir Siswa. Populasi Dalam Penelitian Ini Berjumlah 216 Siswa Dan Pengambilan Sampel Menggunakan Sampling Purposive Yang Berjumlah 20 Siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Instrument Dalam Penelitian Ini Menggunakan Skala Perencanaan Karir Siswa Dengan Skala Pengukuran Sikap. Analisis Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Analisis Statistic Deskriptif Dan Statistic Inferensial.
Berdasarkan Hasil Analisis Data Dan Pembahasan Hasil Penelitian, Dapat Ditarik Suatu Kesimpulan Bahwa Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 Sebelum Diberi Perlakuan (Pretest) Hasil Skor Rata-Rata Sebesar 105.90 Yang Artinya Rata-Rata Siswa Memiliki Perencanaan Karir Sedang. Setelah Diberi Perlakuan (Posttest) Hasil Skor Rata-Ratanya Sebesar 124.10, Yang Artinya Sebagian Besar Dari Siswa Telah Mengalami Peningkatan Terhadap Perencanaan Karirnya. Hal Ini Diperkuat Dengan Hasil Analisis Menunjukkan Nilai Taraf Signifikansi Sebesar 0.000 Yang Berarti Lebih Kecil Dari Taraf Signifikansi 5%. Jadi Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Teknik Biblioterapi, Perencanaan Karir Siswa

This Research Aims To Determine The Effect Of Bibliotherapy Techniques On Career Planning Of Students In SMA Negeri 1 Tarakan. This Research Used Quantitative Research Design Through A Quasi-Experimental Approach. The Independent Variable Was Bibliotherapy Technique And The Dependent Variabel Was The Students’ Career Planning. The Population In This Research Were 216 Students And Used Purposive Sampling Of 20 Students At SMA Negeri 1 Tarakan As The Technique Of Sampling. While For The Instrument, This Research Used Student Career Planning Scale With The Attitude Measurement Scale. In This Research, Descriptive Statiscal Analysis And Inferensial Were Used As The Data Analysis. Based On The Results Of Data Analysis And Discussion Of Research Results, It Can Be Concluded That The Career Planning Of Class XI Students At Tarakan 1 Public High School 2018/2019 Academic Year Before Being Treated (Pretest) The Average Score Of 105.90 Which Means The Average Student Has A Plan Medium Career. After Being Given Treatment (Posttest) The Results Of The Average Score Of 124.10, Which Means That Most Of The Students Have Experienced An Improvement In Their Career Planning. This Is Reinforced By The Results Of The Analysis Shows The Value Of Significance Level Of 0.000 Which Means Smaller Than The Significance Level Of 5%. So It Can Be Concluded That There Is An Influence Of Bibliotherapy Techniques On The Career Planning Of Class XI Students At SMA Negeri 1 Tarakan In The 2018/2019 School Year. Keywords: Bibliotherapy Technique, Student Career Planning

Detail Informasi