
Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Nurul Hidayati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Metode Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Kuantitatif Dengan Desain Korelasional. Sampel Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah 36 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan. Adapun Proses Pengambilan Subjek Menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Berupa Skala Dan Dokementasi Untuk Memperoleh Data Identitas Subyek. Sementara Itu Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Inferensial.
Hasil Pengujian Hipotesis Menggunakan Analisis Korelasional Product Moment Pearson Dengan Perolehan Nilai Koefisien Sebesar 0,339 Yang Jika Dibandingkan Dengan Nilai Rtabel = 0,329 Pada Taraf Signifikan 5% Dengan N = 36, Maka Nilai 0,339 Lebih Besar Dari 0,329. Melalui Skala Dukungan Orang Tua, Dapat Diketahui Bahwa Lebih Berpengaruh Pemberian Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Semakin Tinggi Dukungan Orang Tua, Semakin Tinggi Pula Prestasi Belajar Siswa.Sehingga Hasil Ini Menunjukkan Bahwa Adanya Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan.
Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar
The Purpose Of This Research Is To Find Out The Relation Between Parents Support Toward Students Academic Achievement. The Research Method Used In This Study Was Quantitative With Correlation Design. The Sample Used In This Reasearch Were 36 Students Of Grade VIII In SMP Negeri 2 Tarakan. The Subject Retrieval Process Used Purposive Sampling Technique. The Technique Of Collecting Data On This Reserach Are Scale And Documentation To Collect The Subject Identity Data. While In Data Analysis Technique Used Descriptive And Inferential Analysis. The Result Of The Hypothesis Test Used Correlation Product Moment Pearson With Obtained Coeffiecint Score Of 0.339. If Its Compare With The Score Rtable = 0.329. Through The Scale Of Parental Support, Can Be Known That Provision Of Learning Activities More Effecting On The Student Study Achievement. The Higher The Support Of Parents, The Higher The Students Learning Achievement Obtained By Student. So This Result Show There Is A Relation Between Parents Support Toward Student Academic Achievement Of Grade VIII In SMP Negeri 2 Tarakan. Keywords: Parent Support, Academic Achievement