
Pengaruh Teknik Mutual Storytelling Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019
Pengarang : Nur Halimah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Mutual Storytelling Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Adanya Pengaruh Penggunaan Teknik Mutual Storytelling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Hipotesis Penelitian Ini Adalah Ada Pengaruh Penggunaan Teknik Mutual Storytelling Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan.
Pendekatan Yang Digunakan Adalah Pendekatan Pra-Eksperimen Dengan Jenis Penelitian Intact-Group Comparison, Yang Terdiri Dari Dua Variabel Yaitu Mutual Storytelling Sebagai Variabel Bebas (X) Dan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Terikat (Y). Penelitian Ini Dilakukan Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Tarakan Dengan Sampel Sebanyak 20 Siswa Dari 5 Kelas. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Skala Yang Berperan Sebagai Metode Pokok. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Statistik, Yaitu Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial, Kemudian Dianalisis Dengan Menggunakan Program SPSS 24.0.
Hasil Analisis Menunjukkan Bahwa Ha Lebih Kecil Dari 0,05. Berarti Ada Pengaruh Teknik Mutual Storytelling Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Teknik Mutual Storytelling, Kepercayaan Diri Siswa
The Problem Statement In This Research Is Mutual Storytelling Technique Influential Toward The Students’ Confidence In Seventh Grade Of SMP Negeri 5 Tarakan. This Research Aims To Know There Is The Influence Of Using Mutual Storytelling Technique In Improve The Students’ Confidence. The Hypothesis In This Research Is There’s The Influence Of Using Mutual Storytelling Technique Influential Toward The Students’ Confidence In Seventh Grade Of SMP Negeri 5 Tarakan. The Approach That Used Is Pre-Experiment Approach With Intact-Group Comparison As The Kind Of Research, Consist Of Two Variables As Follow Mutual Storytelling As Independent Variable (X) And The Confident As Dependent Variable (Y). This Research Is Done Toward The Seventh Graders Of SMP Negeri 5 Tarakan With 20 Samples From 5 Classes. Technique Collecting Data That Used Is The Scale Which Has Role As Main Method. Analysis Data Technique In This Research Is Statistic Technique, Descriptive And Inferential, Then Analyzer By SPSS 24.0 Program. The Result Showed That Ha < 0,05. It Means There Is Influence Of Mutual Storytelling Technique Toward The Students’ Confident In The Seventh Grade Of SMP Negeri 5 Tarakan. Key Words: Mutual Storytelling Technique, The Students’ Confident