
Pengaruh Sosiodrama Terhadap Empati Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Nadia Zeviana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Adanya Pengaruh Sosiodrama Terhadap Empati Siswa. Desain Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Kuantitatif Dengan Jenis Penelitian Pre-Experimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Dan Populasi Sebanyak 329 Siswa Serta Jumlah Sampel Dari Purposive Sampling Sebanyak 10 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Berupa Skala. Sementara Itu Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Statistik Deskriptif Untuk Menguji Rata-Rata Skor Perubahan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Perlakuan, Yakni Sebesar 76.60 Menjadi 88.60, Dan Teknik Analisis Statistik Inferensial Untuk Menguji Hipotesis Menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov Dengan Bantuan Program SPSS 24.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Homogenitas Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0.002 < ? = 0,05 Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ha Diterima, Yang Berarti Sosiodrama Sebelum Dan Sesudah Diberi Perlakuan Berbeda, Dengan Demikian Dapat Dinyatakan Bahwa Sosiodrama Berpengaruh Terhadap Empati Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan.
Kata Kunci: Sosiodrama, Empati
The Purpose Of This Study Was To Determine The Existence Of Sociodrama Influences On Student Empathy. The Research Design Used In This Study Is Quantitative With The Type Of Pre-Experimental Design With The Form Of One Group Pretest-Posttest And A Population Of 329 Students And The Number Of Samples From Purposive Sampling As Many As 10 Eighth Grade Students Of SMP Negeri 4 Tarakan. The Data Collection Technique In This Study Is A Scale. While The Data Analysis Technique Used Is Descriptive Statistical Analysis To Test The Average Score Of Changes Before And After Treatment, Which Is Equal To 76.60 To 88.60, And Inferential Statistical Analysis Techniques To Test Hypotheses Using The Kolmogorov Smirnov Test With The Help Of SPSS 24.0 For Windows. Based On The Results Of The Research Before And After Giving Treatment, The Results Of The Calculation Of Homogeneity Test Using Probability Based Decision Obtained Asymp Sig = 0.002 < α = 0.05, it can be concluded that Ha is accepted, which means sociodrama before and after being treated differently it can be stated that sociodramas affect the empathy of class VIII students of SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Sociodrama, Empathy