
Efektivitas Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019
Pengarang : Maya Sandana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Efektivitas Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan. Teknik Desensitisasi Sistematis Adalah Suatu Teknik Untuk Mengubah Tingkah Laku Dengan Memfokuskan Bantuan Kepada Klien Untuk Menenangkan Siswa Dari Ketegangan Dengan Cara Mengajarkan Siswa Untuk Rileks Dalam Mengurangi Respon Emosional Yang Mencemaskan.
Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Kuantitatif Jenis Quasi-Eksperimen Dengan Desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi Penelitian Berjumlah 230 Siswa. Teknik Sampling Yang Digunakan Adalah Purposive Sampling Dengan Ketentuan Sampel Penelitian Dan Diperoleh 20 Siswa Yang Terbagi Dalam 10 Kelompok Eksperimen Dan Kelompok Kontrol. Instrumen Yang Digunakan Berupa Skala Kecemasan Belajar Yang Telah Melalui Uji Validasi Dari Expert Judgement Dan Dinyatakan Valid.
Berdasarkan Hasil Penelitian Analisis Data Statistik Hasil Perhitungan Uji T-Test Dengan Menggunakan Statistical Product And Service Solution (SPSS) Version 24.00 For Windows Diperoleh Nilai Signifikansi = 0.000 < ? = 0.05. Hal Ini Menunjukkan Nilai Signifikan Kurang Dari 0,05 Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Hipotesis Diterima, Yang Berarti Bahwa Teknik Desensitisasi Sistematis Efektif Dalam Mengurangi Kecemasan Bealajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Desensitisasi Sistematis, Kecemasan Belajar
This Research Aim To To Know Effectiveness Technique Of Desensitisasi Systematic To Lessen Dread Learn Student Class Of VIII In SMP Country 7 Tarakan. Technique Of Desensitisasi Systematic Is An Technique To Do Change Tune By Focussed Aid To Client To Make Calm Client Of Stress By Teaching Client For Rileks In Lessening Emotional Respon Which Worry. This Research Use Quantitative Approach Of Type Of Quasi-Eksperimen With Design Group Control Nonequivalent Desain. Research Population Amount To 230 Student. Sampling Technique The Used Is Sampling Purposive With Rule Of Research Sampel And Obtained By 20 Student Which Divided In Experiment Group And Control Group. Used Instrument In The Form Of Dread Scale Learn Which Have Passed Test Of Validasi Of Judgement Expert And Expressed Is Valid. The Mentioned Strenghtened With Statistical Analysis Result Of Calculation Of Test Of T-Test By Using Statistical Product And Service Solution ( SPSS) Version 24.00 Windows For Obtained Nby Value Of Signifikansi = 0.000 = 0.05. This Matter Show Value Of Signifikan Less Than 0,05 Can Be Pulled [By] Conclusion That Hypothesis Accepted, Meaning That Technique Of Desensitisasi Effective Systematic In Lessening Dread Learn Class Student Of VIII In SMP Country 7 Tarakan School Year 2018 /2019. Keywords: Systematic Desensitisasi, Dread Learn