
Penerapan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kesadaran Bahaya Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Masliyadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peningkatan Skor Kesadaran Bahaya Bullying Siswa Sebelum Dan Sesudah Diberikan Teknik Bermain Peran Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis Penelitian Ini Adalah Preeksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Dan Populasi Sebanyak 33 Siswa Serta Jumlah Sampel Dari Hasil Purposive Sampling Sebanyak 12 Siswa Di Kelas VIII. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Ialah Teknik Analisis Statistik Deskriptif Untuk Menguji Rata-Rata Skor Perubahan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Perlakuan, Yakni Sebesar 61.50 Menjadi 81.50, Dan Teknik Analisis Statistik Inferensial Untuk Menguji Hipotesis Menggunakan Uji Wilcoxon Dengan Bantuan Program SPSS 24.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0.002 < ? = 0,05 Yang Berarti Bahwa Ho Ditolak, Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Peningkatan Skor Kesadaran Bahaya Bullying Sebelum Dan Sesudah Diberikan Teknik Bermain Peran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Kesadaran Bahaya Bullying, Teknik Bermain Peran
The Objective Of This Research Was To Improving The Students’ Awareness Of Bullying Before And After Giving The Technique Of Role Playing Of VIII Grade Students In SMP Negeri 8 Tarakan. The Type Of This Research Is Pre-Experimental Design With One Group Pretest-Posttest And Population Of 33 Students And Samples That Takes From Purposive Sampling Are 12 Students Grade 8. Data Analysis Technique That Used In This Research Was Descriptive Statictical Analysis Technique To Test The Average Score Of Change Before And After Given Treatment, That Was Equal To 61.50 Become 81.50, And For Inferential Statistical Analysis Technique That Used To Test The Hypotesis Is Wilcoxon Test With Program SPSS 24.0 For Windows. Based On The Result Of Research Before And After Treatment, Obtained The Results Of Hypotesis Test With Decision-Making Based On Probability Obtained Asymp Sig = 0.002 < ? = 0.05 Which Means That Ho Is Rejected, It Can Be Concluded That There Was A Improvement Of The Students’ Awareness Of Bullying Score Before And After Given The Role Playing Technic On 8 Grade Students In SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: The Awareness Of Bullying, Role Playing Technique