
Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Siswa Broken Home Di MTS Negeri Tarakan
Pengarang : Mahdinar Indra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Siswa Broken Home Di Mts Negeri Tarakan. Metode Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Kualitatif Dengan Desain Deskriptif. Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah 1 (Satu) Satu Orang Guru BK Mts Negeri Tarakan. Adapun Proses Pengambilan Subjek Penelitian Menggunakan Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Adalah Observasi Dan Wawancara.
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Upaya Yang Dilakukan Oleh Guru BK Dalam Menangani Perilaku Siswa Broken Home Di Mts Negeri Tarakan Yaitu Memberikan Layanan Konseling Individual Kepada Siswa Broken Home, Mendengarkan Siswa Broken Home Bercerita Mengenai Penyebab Alasan Mereka Berperilaku Yang Tidak Sesuai Dengan Aturan Di Sekolah, Mengarahkan Siswa Broken Home, Melakukan Layanan Home Visit Atau Kunjungan Ke Rumah Siswa Untuk Melakukan Konsultasi Dengan Orang Tua, Mengajak Orang Tua Siswa Untuk Bekerjasama Dalam Memantau Perubahan Siswa Broken Home, Serta Bekerja Sama Dengan Wali Kelas Dalam Menangani Perilaku Siswa Broken Home.
Kata Kunci: Guru BK, Bimbingan Dan Konseling, Broken Home, Siswa
The Purpose Of This Study Was To Describe The Teacher's Guidance And Counseling Efforts In Handling Students Broken Home In Tarakan State Mts. The Research Method Used In This Study Is A Qualitative Method With Descriptive Design. Subjects In This Study Were 1 (One) Teacher At Tarakan State Mts. The Process Of Taking Research Subjects Using Purposive Sampling. Data Collection Techniques In This Study Are Observation And Interviews. The Results Showed That The Efforts Made By The BK Teacher In Dealing With The Behavior Of Students Broken Home At Tarakan State Mts Were To Provide Individual Counseling Services To Broken Home Students, Listening To Students Broken Home Tell About The Reasons For Their Behavior That Were Not In Accordance With The Rules In School, Directing Students Broken Home, Conducting Home Visit Services Or Visiting Home Students To Consult With Parents, Inviting Parents To Cooperate In Monitoring Changes Instudents Broken Home, As Well As Working With Homeroom Teachers In Dealing With Students' Behavior Broken Home. Keywords: Teacher, Guidance And Counseling, Broken Home, Student